Kamis, 07 Oktober 2010

Bagaimana cara meletakkan blog anda di posisi nomor satu (1) Google?

Dibutuhkan jalan panjang untuk menduduki posisi nomor satu di Google. Sabar dan tekun adalah kata kuncinya!
Hari ini saya mendapat sebuah pertanyaan bagus dari temen saya yang sedang mengambil jurusan TI di Universitas Bina Darma, Palembang. Namanya Warto. Saya tahu dia ini sebenarnya masuk ke jurusan TI bukan karena dia sudah punya pemahaman dengan IT tapi baru sebatas ngikut-ngikut trend saja. Ha .. ha … kamu jangan arah lo To. Aku dulu masuk Ilmu Komputer UGM juga gara-gara seneng dengan Bill Gate dan Majalah Komputer Aktif kok, bukan karena bahasa pemrograman.
Kemarin pas aku mudik ke Palembang, si warto sempat memintaku untuk mengajarinya membuat blog. Singkat cerita, jadilah dia sekarang seorang blogger di wordpress. Tapi sayang, prestasinya belum sehebat aku. Khususnya dari segi SEO (Search Engine Optimization). Maksudnya gini, dia masih heran, ketika namanya diketikkan di kotak pancarian Google, blog dia kok ga muncul di urutan pertama. Nggak seperti aku yang ada di puncak Google ketika dia atau siapa saja mengetikkan kata “wim permana“.
Oke To, ini dia jawabannya.
1. Rajin-rajinlah nge-blog
Kalau mau dapet posisi terhormat di Google, blogmu harus rajin diisi dengan konten-konten yang bagus dan menarik dan mengundang minat baca orang lain. Tapi inget, ga harus pake konten pornografi kok.
2. Kadar keunikan nama ikut berperan
Kalau nama kamu “Wim Permana” dan bukan hanya “Wim” saja, maka kamu akan lebih memiliki kemungkinan dan peluang untuk menjadi Google #1. Emang kenapa dengan nama “Wim” doank. Sederhana saja, kamu akan kalah saingan dengan orang terkenal asal Belanda yang banyak mendapatkan linkback dengan nama itu. “Wim” adalah nama depan sutradara terkenal asal Belanda. Coba cek sendiri di Google tentang orang ini.
3. Banyak-banyaklah memberi komentar di blog orang lain
Semakin banyak komentar dari kamu yang tersebar di blog lain, apalagi kalau komentarnya bermutu tinggi, insyaallah orang akan jadi peduli dengan kamu. Inget, kalau orang tidak bisa melihat wajahmu di sini, di dunia maya, maka mereka akan memusatkan perhatian mereka pada kemampuanmu. Dan dalam dunia perbloggingan, kualitas post dan komen adalah yang utama tampaknya. Setuju gak nih?
4. Jangan pedulikan ranking di Google atau mesin pencari lainnya
Nge-blog-lah demi cinta maka kamu akan mendapatkan semuanya.
Nge-bloglah demi ranking, maka kamu hanya akan mendapatkan pengunjung sementara. Itupun dari Google semata
Semua yang saya maksud di atas bisa jadi; teman akrab (aku udah membuktikannya loh), link dari blog lain, ranking yang bagus di Google, calon employer, bahkan calon istri kali. Serius loh aku nggak bohong. Dari blog banyak hal bisa bermula …. juga berakhir.

sumber : http://wimkhan.wordpress.com/2008/10/22/bagaimana-cara-meletakkan-blog-anda-di-posisi-nomor-satu-1-google/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar